Sunday 11 March 2018

Published March 11, 2018 by with 0 comment

Haploclastus Validus, Tarantula Dengan Strategi Berburu Yang Unik

Dunia Tarantula
Diterbitkan: Minggu, 11 Maret 2018 | 21.36 WIB oleh Rahmat Darmawan

Robust Trapdoor Tarantula telah membuat jebakan di cabang pohon di hutan dalam Aarey, Mumbai, India. Foto: A. Mandrekar

Surabaya, - Salah satu hal yang menjadi objek penelitian dari para ilmuwan adalah cara hewan dalam berburu makanan, karena sebagian besar aktivitas utama hewan adalah mencari makan. Banyak predator yang memiliki cara unik saat menaklukan dan menangkap mangsanya itu.

Dari berbagai cara tersebut ada yang membuat kita terkagum-kagum dengan strategi berburunya lantaran di luar dari perkiraan manusia. Salah satunya adalah Robust Trapdoor Tarantula (Haploclastus Validus) spesies dari genus Haploclastus dan family Theraphosidae atau biasa dikenal dengan tarantula.


Genus Haploclastus adalah endemik negara India dan diwakili oleh 7 spesies. Salah satunya spesiesnya Haploclastus Validus yang dideskripsikan pertama kali oleh Reginald Innes Pocock pada tahun 1899 dan ini adalah record pertama trapdoor tarantula yang berasal dari India.

Sesuai dengan namanya trapdoor tarantula, tarantula ini menggunakan lubang atau pintu untuk menjebak mangsanya. Sang tarantula akan membuat lubang, lalu merekatkan bagian dalam lubang dengan ranting atau tanah dengan jaring lengket yang dihasilkan tubuhnya hingga menjadi sebuah rumah yang kokoh, sehingga terhindar dari bahaya.

Tarantula tersebut akan bersembunyi di dalam lubang dengan yang disamarkan oleh ranting-ranting pohon dan daun, sehingga tampak seperti tidak ada lubang. Karena itulah, serangga atau hewan lain yang menjadi buruannya tidak menyadari hingga mendekat, atau bahkan berdiri di atas lubang tempat tarantula bersembuyi. Karena mangsa sudah mendekat, tarantula dengan mudah menarik mangsanya ke dalam lubang untuk dimakan.
      edit

0 komentar:

Post a Comment