Sunday 10 June 2018

Published June 10, 2018 by with 0 comment

Tarantula Raksasa versi Guinness World Records

Dunia Tarantula
Diterbitkan: Minggu, 10 Juni 2018 | 15.43 WIB oleh Rahmat Darmawan

Theraphosa Blondi, dinobatkan sebagai tarantula terbesar oleh Guinness World Record.
Foto: John / Flickr

Surabaya, - Jika anda berfikir laba-laba tidak ada yg berukuran besar, coba anda berfikir ulang. Laba-laba terbesar yang diketahui di dunia adalah spesimen laki-laki dari laba-laba tarantula Goliath Bird-Eater (Theraphosa Blondi).

Pemberian nama Goliath Bird-Eater diambil dari ukiran tembaga awal abad ke-18 oleh Maria Sibylla Merian yang menunjukan seekor laba-laba besar memakan burung kolibri, meskipun Theraphosa Blondi sendiri jarang memakan burung.

Spesimen terbesar yang pernah ditemukan oleh anggota Ekspedisi Pablo San Martin di Rio Cavro, Venezuela pada bulan April 1965 dengan rentang kaki 11 inci (28 cm). Cukup untuk menutupi piring makan malam anda.

Spesies ini ditemukan di hutan hujan pesisir Suriname, Guyana dan Guyana Prancis, tetapi ada juga beberapa spesimen yang terisolasi telah dilaporkan berada di Venezuela dan Brazil.

Seekor tarantula berusia 2 tahun dari spesies yang sama, yang dibesarkan oleh Robert Bustard dan dibesarkan oleh Brian Burnett dari Alyth, Perthshire juga memiliki rentang kaki 11 inci (28 cm) dan beratnya 6 oz (170 gram) pada bulan Februari 1998.

Untuk sistem reproduksi, Theraphosa Blondi tidak seperti tarantula lainnya betina tidak memakan jantan selama proses kawin. Theraphosa Blondi betina mampu bertelur antara 100 sampai 200 telur dalam kantung raksasa berukuran lebih dari 1 inci. Telur-telur itu ditutupi rambut sehingga aman dari ancaman predator.

Telur tarantula membutuhkan waktu 6 sampai 8 minggu untuk meneteetelah menetas bayi tarantula (Spiderling) membutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun untuk menjadi dewasa (Adult). Sebelum memasuki usia dewasa biasanya spiderling hidup bersama dengan induknya hingga akhirnya mampu berjuang sendiri.

Tarantula Goliath Bird-Eater betina mampu hidup 15 sampai 25 tahun, sementara tarantula jantan hanya berusia 3 sampai 6 tahun.
      edit

0 komentar:

Post a Comment